Friday, August 20, 2010

Masih Ingat Pencekalan Terhadap Band- Band Underground?

"One good thing about music, when it hits you, you feel no pain.
- Bob Marley

"Music is a moral law. It gives soul to the universe, wings to the mind, flight to the imagination, and charm and gaiety to life and to everything. "
- Plato

" Music is everybody's possession. It's only publishers who think that people own it.
- John Lennon

"Music doesn't lie. If there is something to be changed in this world, then it can only happen through music.
- Jimi Hendrix

Pencekalan yang dilakukan pihak Kepolisian (Mabes Polri) terhadap band-band Metal underground dan band-band Varmet (varian metal) lainnya menurut gue merupakan sebuah tindakan REPRESI. Hal yang seharusnya tidak perlu dilakukan karena hal itu tidak beralasan. Jelas tidak memiliki kekuatan hukum.

Peristiwa dibandung beberapa tahun lalu, sebuah pertunjukan musik underground yang menewaskan 10 orang memang sangat memilukan. hal yang seharusnya tidak perlu terjadi bila event organizer pertunjukan itu lebih waspada.
dan imbas dari perstiwa tersebut adalah: 
“PENCEKALAN bagi Venue UNDERGROUND”

Aneh!!! Tanpa ada korelasi yang jelas pihak berwenang bertindak semena-mena. Dengan dalih mengganggu ketertiban umum, mereka memasung kreativitas.. Padahal berdasarkan visum, para korban itu meninggal karena kehabisan udara. BUKAN KARENA NARKOBA, ALKOHOL atau TAWURAN yang diidentikan dengan dunia Underground.
barangkali dibenak para pemilik Hukum, UNDERGROUND itu adalah TINDAKAN KRIMINAL.
Sangat ANEH!!! dan Tidak Memiliki dasar HUKUM. sangat aneh memang!
seharusnya pihak berwenang lebih jeli melihat hal ini. bukan saja diranah Metal underground atau Varmet lainnya. pertunjukan band-band POP MAINSTREAM juga kerap menimbulkan kematian. Bahkan diruang mainstream hal ini lebih sering terjadi. catatan peristiwa itu masih jelas ada dalam ingatan kita.

seperti Sheila on seven dilampung, Ungu. Dll….

mengapa pencekalan harus dilakukan terhadap band-band metal underground? Undang-undang apa yang melarang kreativitas manusia? ini jelas suatu penindasan!

Manusia adalah mahluk kreatif. Ekspresi kesenian merupakan cermin masyarakat beradab. Metal Underground adalah subculture yang memang terniscaya untuk eksis. Seperti subculture-subculture lainnya. Metal Underground dan Varmet lainnya adalah milik dunia. Sebuah wahana bagi beberapa kalangan untuk
menumpahkan kreatifitasnya, ketika act estetika mereka dianggap “TIDAK LAYAK DIKOMERSILKAN” mereka punya jalan lain untuk mengasah intuisi kesenian mereka. Mengembara dibawah tanah, berkelana dari panggung-panggung kepanggung tanpa perduli terhadap budaya popular yang terbukti mendangkalkan penalaran. Kini, ruang itu terindikasi DIPASUNG pihak PENGUASA.

dan effek yang gue rasakan masih terasa hingga saat ini. seperti contohnya pada Event Event besar Underground yang menggunakan beberapa Hall atau Outdoor, kalau dijakarta selatan ini tepatnya di bulungan, mereka merampungkan acaranya cuma sampai jam 6 atau paling lambat 7 saja. padahal sebelumnya hingga larutpun masih boleh saja!

yah begitulah.. akibat terlalu banyak orang primitif yang hanya dapat memandang sebelah mata!

souce : here.. here

No comments:

Post a Comment